Berita TerkiniTULANG BAWANG BARAT

Kabag Kesra Nurkolis : Pemkab Canangkan Program Gerakan Tubaba Berzakat

Berita24.co.id : Tulang Bawang Barat — Pemerintah Daerah Kabupaten Tulang Bawang Barat melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) setempat terus berinovasi membantu memberikan pelayanan terbaik terhadap masyarakat kurang mampu.

Kepala Bagian Kesra Nurkolis
Majid, mengatakan salah satu program yang dicanangkan yakni menggalakkan kesadaran masyarakat untuk mengeluarkan zakat melalui program gerakan Tubaba berzakat yang dilakukan berkerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Tubaba.

“Ini merupakan salah satu program pemerintah daerah Tubaba untuk membantu meningkatkan kesejahteraan rakyat. Karena zakat ini diperuntukan untuk membantu para mustahik atau 8 golongan masyarakat penerima zakat,” kata dia saat ditemui di ruang kerjanya, pada Selasa (21/2/2023)

Dia menjelaskan para mustahik itu sesuai syariat islam terdiri dari fakir, miskin, gharim (terlilit hutang), mualaf, fisabillah, musafir, amil zakat, dan hamba sahaya.

“Sasaran gerakan berzakat ini
tidak hanya Aparatur Sipil Negara, tetapi juga kita lakukan kepada masyarakat yang mampu,” misalnya pengusaha sukses cetusnya.

Nurkolis menambahkan selain program zakat, pihaknya juga memiliki program beasiswa yang diberikan khusus kepada calon mahasiswa yamg masuk kualifikasi di Politeknik Tunas Garuda.

“Kualifikasi ini diantaranya asli warga Tubaba, memiliki prestasi di bidang akademik ataupun non akademik dan tentunya merupakan warga kurang mampu,” imbuhnya.

Sementara itu melalui program hibah, pihaknya juga turut membantu pembangunan rumah ibadah seperti masjid dan gereja, serta memberikan bantuan dana kegiatan organisasi keagamaan.

“Alhamdulilah tahun 2022 yang lalu dana hibah sebesar 500 juta rupiah terserap seratus persen terealisasi dengan baik,dana hibah tersebut kembali akan disalurkan pada tahun 2023 dengan harapan dapat membantu pembangunan rumah ibadah yang tersebar di Tubaba,”ungkapnya.

Sedangkan dalam rangka menghadapi kejuaraan MTQ tingkat provinsi, Nurkolis mengatakan pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin bersama pihak Kandepag Tubaba untuk melakukan pembinaan kepada para kafilah yang akan berlaga.

“Bulan Maret nanti akan kita
mulai pembinaannya, saya sangat optimis tahun ini berharap pencapaian prestasinya lebih meningkat sehingga membawa harum nama Tubaba,”pungkasnya (PN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *