Berita TerkiniPESAWARAN

Tingkatkan PAD Dan Ekonomi Masyarakat, Bagian Kerjasama Setdakab Pesawaran Gandeng Perusahaan Perbankan

Berita24.co.id : Pesawaran –Di tahun 2022 Bagian Kerjasama Setdakab Pesawaran telah melakukan terobosan dengan menggandeng beberapa perusahaan yang bergerak dibidang perbankan.

Itu dilakukan dalam rangka mendorong dan juga untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Pesawaran.

Kabag Kerjasama Setdakab Pesawaran, Achmad Fajar,S.Sos,.MM menyebut, kerjasama yang telah dilakukan pihaknya bersama dengan pihak Bank Syariah Indonesia (BSI), Bank Jawa Barat (BJB) dan Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Lampung juga pegadaian.

” Untuk leading sektor PAD Pariwisata ditahun 2023 ini nantinya pungutan atas jasa pelayanan Destinasi Wisata akan menerapkan pembayaran non tunai alias sistem digitalisasi,” Ungkapnya, jum’at (20/1/23) saat ditemui diruang kerjanya.

Sehingga dengan begitu kata dia, dengan menerapkan sistem digitalisasi tersebut, tidak akan ada lagi kebocoran pendapatan  yang masuk setiap harinya dari Destinasi Wisata yang ada.

” Melalui sistem digitalisasi kita akan mengetahui pasti akan jumlah pengunjung wisatawaan yang datang. Dengan demikian tidak ada lagi kebocoran terkait PAD dari sektor Pariwisata nantinya,” Tandasnya.

Selanjutnya, kerjasama dengan pihak Bank Jawa Barat (BJB) keuntungan didapat, masyarakat  sudah lebih dipermudah dalam Melakukan pembayaran Pajak Bumi Bangunan (PBB).

Sementara, Bank BNI saat ini masih dalam proses Perjanjian Kerjasamanya (PKS) dengan Dinas Koperasi dan UKM.

Kemudian, Bank Lampung, yang notabenenya adalah bank daerah, untuk kerjasamanya sudah berjalan selama ini. Dan pada saat akhir tahun 2022 lalu, pihak Bank Lampung banyak membantu usaha dibidang pertanian melalui kredit usaha rakyat (KUR) pada petani cabai diwilayah kecamatan Tegineneng.

Masih kata Fajar, terkait pegadian juga sudah berjalan. Dengan melakukan pembiyaan kredit kendaraan bermotor untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkup Pemda Pesawaran.

” Bukan itu saja, sekarang ini ASN juga bisa membuka tabungan emas secara gratis melalui Pegadian. Dan Perusahaan Perbankan tersebut mempunyai komitmen membantu pemerintah daerah dalam bidang sosial. Juga masih banyak lagi kerjasama yang sudah dilakukan oleh pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan ekonomi masayarakat Andan Jejama, ” Pungkasnya diakhir pembicaraan. (fahmi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *