Berita TerkiniMETRO

Tingkatkan Kemampuan Jurnalis, PPWI Pusat Gelar Pelatihan

Berita24.coi.id Kota Metro —Dalam rangka meningkatkan kemampuan anggota yang tergabung di organisasi PPWI, Dewan pengurus pusat (DPP) menggelar pelatihan jurnalistik. Kegiatan ini dilaksanakan di Sekretariat DPC PPWI Lampung Tengah, Simpang Mojopahit Gunung Sugih Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung, Sabtu (10/12/2022).

Ketua Umum (Ketum) PPWI Pusat Wilson Lalengke, S.Pd., M.Sc., M.A. mengatakan, bahwa sangat simple menjadi jurnalis seperti dalam proses pencarian informasi, perlu dilakukan pencatatan hal-hal penting berkenaan dengan berita yang akan ditulis.

Pencatatan dapat dipandu dengan pertanyaan 5W 1H yaitu What : peristiwa apa yang terjadi, Who: siapa yang terlibat dalam peristiwa tersebut, Where: di mana peristiwa tersebut terjadi, When: kapan peristiwa tersebut terjadi, Why: mengapa peristiwa tersebut terjadi, dan How: bagaimana proses terjadinya peristiwa.

Dikatakannya, untuk materi yang diberikan adalah penulisan cepat 150 kata dalam waktu lima menit, untuk hasil penulisan para peserta pelatihan Wilson Lalengke meminta kepada narasumber pendamping Husni Alholik, S.H. untuk mengoreksi hasil pelatihan tersebut.

“Saya minta kepada narasumber pendamping untuk mengoreksi hasil pelatihan ini,”ungkap pria yang merupakan alumni Lemhannas RI, PPRA-48.

Sementara, narasumber pendamping Husni Alholik, S.H. saat dihubungi via WhatsApp menyampaikan, pada dasarnya para peserta pelatihan sudah cukup lumayan dalam penulisan berita. Namun masih kurang fokus saja sehingga isi dari berita yang dimaksud menjadi tidak jelas.

“Berita yang mereka buat ini, seharusnya tentang pelatihan jurnalistik, bagaimana menulis cepat 150 kata dalam waktu 5 menit,” ujarnya.

Lebih lanjut Holik mengatakan, semestinya isi berita itu tentang bagaimana menulis cepat 150 kata dalam waktu 5 menit, itu yang perlu dijelaskan.

“Saya berharap dengan pelatihan jurnalistik PPWI ini, dapat menambah kemampuan dalam penulisan berita,”jelasnya.

Selain Ketua Umum PPWI Pusat Wilson Lalengke, S.Pd., M.Sc., M.A. hadir pula pada acara tersebut Ketua DPC PPWI Lampung Tengah Husin Muchtar, Ketua DPC PPWI Lampung Timur Sofyanto, Sekretaris DPC PPWI Kota Metro Husni Alholik, S.H. dan beberapa Anggota PPWI Kabupaten Kota se-Lampung, Purn. Polri Sulaiman dan Baharuddin. (CAN).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *