Pendidikan dan KesehatanPESAWARAN

Terjangkit Penyakit Gatal – Gatal, Diskes Pesawaran Tangani Secara Khusus Warga Dusun Sumbersari Cipadang Gedongtataan

Berita24.cp.id: Pesawaran – Setelah setahun mengalami penderitaan penyakit gatal – gatal, akhirnya warga Dusun Sumbersari Desa Cipadang -Gedongtataan mendapat penanganan khusus dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pesawaran.

Melalui Puskesmas Gedongtataan, ratusan warga Sumbersari yang terjangkit penyakit menular gatal – gatal,  kamis (22/10) ditangani oleh pihak medis dan mendapat penanganan perobatan gratis.

“Kalo kumat gatalnya, perut saya sakit,  mata saya buram,  moga saja setelah berobat ini bisa sembuh mas,” Harap Kirsan (65), satu diantara warga Sumbersari yang mengalami penyakit gatal -gatal.

Sementara tenaga medis Puskesmas Gedongtataan, Eva mengungkapkan, kasus penyakit menular gatal -gatal  yang menyerang warga Desa Cipadang itu disebabkan masyarakat tidak menerapkan pola hidup bersih juga penyebab utamanya dikarenakan adanya bakteri Scabies (Kutu kulit).

“Sebelumnya kami sudah melakukan penyuluhan, kami disini adalah tim terdiri dari dokter, perawat, bidan dan tenaga apoteker dan kami berkerja sesuai porsi kami masing -masing,”

Foto Fahmi : Petugas Dinas Kesehatan Pesawaran saat memberikan pengobatan terhadap warga yang terjangkit penyakit gatal – gatal.

“Kami melakukan perobatan sesuai keluhan, seperti penyakit  gatal kami berikan obat gatal, begitu juga jika ada keluhan penyakit lainnya, ya kita berupaya penanganan Scabies ini hingga tuntas, dan untuk obat yang diberikan selama 3-7 hari, nanti setelah itu kami turun kembali untuk survei terkait perkembangan kasus scabies ini ” Jelas Eva.

Senada dikatakan Retno tenaga Apoteker Puskesmas Gedongtataan, terkait obat yang diberikan sesuai dengan keluhan kesehatan masyarakat setempat.

“Untuk obat yang kita berikan sesuai rujukan dokter yang menangani, ya kalo memang obat yang diberikan ini belum bisa menyembuhkan nanti dikonsulkan dengan dokternya,” Ujar Retno.

Ditempat sama Sugiyanto, Kades Cipadang menyampaikan rasa terima kasih atas kehadiran bantuan kesehatan dari pemerintah daerah pesawaran didalam penanganan penyakit menular gatal -gatal yang disebabkan bakteri scabies ini.

“Atas nama pemerintahan Desa saya juga mengucapkan terimakasih kepada rekan -media terkait pemberitaanya, dan ini adalah benar adanya,  besok juga kami akan melakukan gotong royong guna evaluasi sekaligus membersihkam saluran air yang ada ” Terang Sugiyanto.  (Fahmi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *