Berita TerkiniSUMUT

Tak Miliki Khotib, LDK PAB MUI Provinsi Sumut Gelar Pelatihan di Dua Kecamatan

Berita24.co.id : Deliserdang —Beberapa waktu lalu melalui pemberitaan bahwa ada daerah yang sering tidak mengadakan sholat Jum’at hal itu dikarenakan ketiadaan Khatib. Akibat Berita itupun menjadi viral di group-group WA.

Alhamdulillah berita itu langsung direspon oleh Pengurus Lembaga Dakwah Khusus Perbaikan Akhlak Bangsa (LDK PAB) MUI Prov. Sumatera Utara. Respon cepat dikirimkanlah dai-dai Relawan yang siap terjun ke lokasi untuk mengisi Khatib sholat Jum’at.

Melihat perkembangannya tersebut, LDK PAB MUI SU tidak tinggal diam sampai disitu, maka diadakanlah program Pelatihan Khatib dan Imam Masjid, dengan harapan kelak warga tempatan siap memakmurkan masjidnya dan menghidupkan setiap waktu sholat lima waktu.

Pelatihan khatib dan imam se-Kec. STM Hulu dan Kec. STM Hilir Kab. Deli Serdang ini telah dilaksanakan pada tanggal 16-17 Maret 2023 bertempat di Ruang Serba Guna Kantor Kepala Desa Tiga Juhar, Kec. STM Hulu Kab. Deli Serdang.

Dalam pelatihan itu, Melibatkan narasumber/pelatih yang berpengalaman dari Medan, Al Ustadz Drs. H. Arifin Umar, MA. dan Ustadz. H. Baihaqi Tanjung, MA.

Menyampaikan materi pelatihan rukun, syarat menjadi khatib dan imam serta mempraktikannya di dalam ruang pelatihan sembari mengkoreksi hal apa saja yang perlu diperbaiki dan tentunya dinilai yang sudah sesuai.

Jumlah peserta yang mengikuti pelatihan sebanyak 21 orang berasal dari 12 masjid se-Kec. STM Hulu dan Kec. STM Hilir, demikian disampaikan oleh Ketua LDK PAB MUI Prov. Sumatera Utara Ustadz DR.dr. H. Elman Boy, M.Kes., Sp. KKLP.

Tidak hanya sampai disitu saja, agar semakin dapat dirasakan dampaknya kepada masyarakat Islam di daerah tersebut, pasca pelatihan diberikan tugas kepada masing-masing peserta untuk menjadi khatib dan imam secara terjadwal di 9 masjid yang telah ditentukan bersama tokoh masyarakat di daerah Kec. STM Hulu & Kec. STM Hilir selama 7 kali Jum’at , dimulai dari tanggal 24 Maret 2023 sampai dengan 5 Mei 2023, dimana di setiap masjid pelaksanaanya dilaksanakan pendampingan /monitoring dan dievaluasi oleh tim.

Usai pelatihan dan penugasan pada Sabtu 29 Syawal 1444 H atau 20 Mei 2023 M dilaksanakan penutupan pelatihan Da’i dan Khatib di Masjid Raya Al Jami’ Tiga Juhar.

Setelah diselesaikan sebagaimana jadwal, para peserta diberikan sertifikat sebagai penghargaan atas kepesertaannya.

Turut Hadir pada penutupan pelatihan ini, Forkopimca, Tokoh Masyarakat, Tokoh Ormas, Pengurus BKM Masjid, Ketua Forum Peduli Masjid dan Umat Islam STM Hulu, Fosil BKM Indonesia, dan di fasilitasi Ketua BKM Masjid Raya Al Jami’Ust Indra Tarigan, S. P.dI juga Kepala Dusun Tiga Juhar” ujar Ketua LDK PAB Dr. Elman Boy.

Hadir dalam penutupan pelatihan imam dan khatib, Wakil Sekretaris Komisi Ukhuwah Islamiyah MUI Sumut Abdul Aziz, ST, Tim Monev Dr. Sudirman, Muhammad Soleh Siregar.

Selain pelatihan Khatib dan imam masjid, kami juga membagikan Mushaf Al-Qur’an, buku Iqra, buku yasin dan buku Tuntunan sholat untuk kebutuhan masjid, partisipasi dari Sahabat Hijrahkuu.

Alhamdulillah acara ini berjalan dengan lancar atas izin dan Rahmat Allah dan tentunya do’a dan peran dari para sahabat sekalian. Mari terus saling bahu membahu, saling membantu agar dakwah Islam ini tersebar, sebab Dakwah ini adalah tugas kita bersama.

“Bersamamu di jalan Dakwah yang Berliku” “Apapun Harakahmu, Aku Saudaramu”, tutup Elman Boy. (S.Hadi Purba)

Tinggalkan Balasan