Rumah Ludes Terbakar, Nenek Maleha Membutuhkan Bantuan

Berita24.co.id  : Muba — Sedang terlelap tidur, Maleha (70 th) bersama seorang cucunya Rahmat (11th), yang tinggal di jalan Suluk Ulak Lia RT 16 RW 05, Kelurahan Soak Baru, Kecamatan Sekayu, Kabupaten Muba, pada Jumat malam 16/10/2020 pukul 23.30 dikejutkan dengan kobaran api yang panasnya menyengat kulitnya.

Maleha yang terbangun dan terkejut melihat rumahnya terbakar, langsung berteriak-teriak minta tolong sambil membangunkan Rahmat, cucunya.

Para tetangga yang terbangun karena mendengar teriakan nenek dan cucu tersebut, langsung berhamburan keluar rumah sambil berupaya memadamkan api, namun karena api sudah terlampau besar, upaya mereka memadamkan api sia-sia.

Tak lama berselang mobil pemadam kebakaran datang ke lokasi dan tak butuh waktu lama api yang berkobar itu pun berhasil dipadamkan.

Penyebab kebakaran diduga berasal dari tungku dapur yang bara apinya masih menyala dihembus angin yang bertiup kencang. Api cepat merambat karena rumah terbuat dari kayu dan papan, serta atapnya sebagian dari daun rumbia.

Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini, namun tidak ada barang yang dapat diselamatkan kecuali baju yang menempel di badan mereka.

Pada Sabtu keesokan harinya (hari ini) pukul 07.00 WIB, Lurah Soak Baru-Drs.Bastari, bersama beberapa stafnya meninjau rumah Maleha yang terbakar, memberikan dorongan moril, juga memberikan bantuan sembako dan bantuan lainnya.

“Kami memberikan sedikit bantuan untuk meringankan beban nenek Maleha yang tertimpah musibah. Kami menyarankan nek Maleha untuk sementara tinggal dengan anaknya, kebetulan tinggal dekat sini. Untuk diketahui Pemerintah tidak dapat memberikan bantuan bedah rumah, karena tanah tempat nek Maleha bukan miliknya,” papar Bastari kepada Media ini.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Kabupaten Muba Drs. Ahmad Nasuhi MSi, ketika dihubungi via telepon, kepada media ini, mengatakan bahwa pihaknya akan segera meluncur ke TKP, untuk meninjau langsung.

“Terimakasih informasinya, saya dan Tim Dinsos akan segera meluncur ke TKP, meninjau serta memberikan bantuan yang diperlukan,” ujarnya.

Tak berapa lama kemudian Tim Tagana dari Dinsos Muba datang membawa bantuan sembako dan kebutuhan sandang lainnya. (Agus)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *