Berita TerkiniMESUJI

Resmi, Gedung Sekretariat PWI Mesuji di Resmikan

Beritwa24.co.id : Mesuji – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Mesuji melakukan kegiatan peresmian kantor sekretariat dan melakukan Memorandum Of Understanding (MOU) dalam rangka penyelesaian sengketa pers antara PWI bersama Kejari Mesuji dan Polres Mesuji di Sekretariat PWI, Desa Brabasan, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Mesuji, Selasa (10/10/2023).

Ketua PWI Provinsi Lampung Wirahadikusumah mengatakan, secara pribadi dan secara institusi mengucapkan terima kasih atas dukungannya terhadap PWI khususnya PWI Mesuji. Kami sangat sadar bahwa kantor ini tidak akan berdiri tanpa ada dukungan dari Pemkab Mesuji dan DPRD Mesuji.

“Tentunya anggaran-anggaran untuk pembangunan kantor PWI ini pun itu diinisiasi dan disetujui oleh Bupati dan juga disetujui oleh Ketua DPRD. Tentunya, PWI berjanji akan menggunakan kantor ini untuk kegiatan-kegiatan yang positif yang dan bisa berkontribusi terhadap masyarakat Mesuji,” paparnya

Wirahadikusmah menuturkan, pembangunan kantor ini bukti bahwa keseriusan dari PWI juga stakeholder yang mendukung kinerja kinerja PWI. Dan Wirahadikusumah sudah menyampaikan pada saat peletakan batu pertama, bahwa PWI adalah adik bungsu dari empat pilar.

“Pilarnya tadi adalah pilar eksekutif yudikatif legislatif dan pers. Kami juga harus bisa terus bergerak sebagai yang terbaik dan tetap melakukan sesuatu kritikan ketika memang ada,” katanya

Wirahadikusumah mengatakan, bahwa PWI Provinsi Lampung telah melakukan Memorandum Of Understanding (MOU) dengan Kejaksaan Tinggi dan Kapolda Lampung beberapa waktu lalu.
Dan pada hari ini, PWI Kabupaten Mesuji melakukan Memorandum Of Understanding (MOU) Kejari Mesuji dan Polres Mesuji.

MoU ini adalah turunan dari pusat yang telah dilakukan oleh Dewan Pers dengan Jaksa Agung dan Kapolri. Di Provinsi Lampung pada tanggal 16 Maret 2023 sudah menandatangani MoU dengan Kajati dan Kapolda,” kata Wirahadikusumah.

Dikatakan Wira, dalam MoU ini bahwa sengketa pers terlebih dahulu diselesaikan dengan undang-undang pers bukan dengan KUHP.

“Itu amanah dari MoU tersebut dan kita sepakat diselesaikan terlebih dahulu di Dewan Pers dan bukan langsung masuk ke dalam ranah hukum,” terangnya

Menurut Wira sapaan Wirahadikusumah, wartawan dalam melakukan tugasnya, telah sesuai dengan Undang-Undang nomor 40 tahun 1999.

“Jangan sampai ada penumpang gelap dalam proses Mou ini. Nantinya jangan sampai mereka berlindung di balik Mou yang sudah kita lakukan dimanfaatkan oleh wartawan yang tidak profesional, dalam menjalankan tugasnya dengan melakukan proses pelanggaran-pelanggaran tindak pidana melakukan pemerasan pengancaman dan lainnya itu,” paparnya

Disisi lain, Penjabat Bupati Mesuji Sulpakar dalam sambutannya mengatakan, PWI sebagai organisasi pewarta terbesar yang mewadahi para jurnalis yang juga merupakan mitra pemerintah yang tentunya memiliki peran strategis sebagai media informasi untuk mensosialisasikan program-program pemerintah sebagai jembatan kritik dan masukan oleh masyarakat kepada pemerintah serta dapat membantu pemerintah dalam hal mengedukasi masyarakat melalui berita-berita yang berimbang.

“Saya bersyukur mengucapkan terima kasih dan penghormatan yang tinggi kepada teman-teman PWI, sebagai organisasi besar yang memiliki peran strategis di wilayah Kabupaten Mesuji,” paparnya

Sulpakar menambahkan, ini adalah langkah penting dalam mendukung perkembangan dunia jurnalistik di wilayah Mesuji. PWI telah lama menjadi garda terdepan dalam mengadopsi kebebasan pers kejujuran dan etika dalam jurnalis.

“Dengan demikian, Kantor Sekretariat PWI ini, kita berharap memberikan dukungan yang lebih baik kepada para wartawan dan jurnalis yang berdedikasi dan profesional untuk melakukan kegiatan jurnalistik. Ini merupakan tonggak sejarah yang penting dalam perkembangan jurnalistik di Mesuji,” jelasnya

Hadir dalam acara tersebut diantaranya, Penjabat Bupati Mesuji Sulpakar, Ketua DPRD Mesuji Elfianah, Sekretaris Daerah Syamsudin, Kejari Mesuji Azy Tyawardhana, Kapolres Mesuji diwakili AKP Iwan Darmawan, Ketua PWI Provinsi Lampung Wirahadikusumah, Ketua PWI Mesuji Apriadi, Ketua KPU diwakili Imani, Ketua Bawaslu Deden Cahyono, Beberapa OPD Pemkab Mesuji serta tamu undangan lainnya (rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *