Pura-Pura Jadi Pengunjung Warnet, Pelaku Bawa Kabur Motor Milik Warga Setempat

Berita24.co.id : Perbaungan – Sepeda Motor Metik Beat warna Merah BK 3139 XAN milik Redha (35) Warga Dusun II Desa Citaman Jernih Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai, Raip Digondol maling yang berpura pura menjadi pengunjung di sebuah Warung Internet (Warnet) yang tak jauh dari Kediaman Korban minggu 21/08/2022.

Peristiwa terjadi pada saat Korban tengah bermain internet Pukul 10.00 wib pagi, dimana pelaku meminta seorang pemuda warga setempat atas nama Deni (30) untuk meminjam motor milik Korban dengan alasan untuk mengantarkan ‘’pelaku’’ (Safdan Zilang) Ke tempat bos Kerjanya di Lubuk Pakam Kabupaten Deli serdang untuk mengambil gaji kerjanya.

Apesnya setelah sampai dilokasi dan bertemu dengan yang ditunju Keduanya Pun putar setang membalik kearah Pulang, Namun sayang, belum sampai kelokasi semula, Pelaku yang sudah mempunyai niat buruk, meminta Deni untuk mengantarkannya ke tempat tinggal Mertuanya yang berada di Komplek PAMINA Kelurahan Batang Terap Kecamatan, Perbaungan.

Sesampainya di Persimpangan Jalan menuju rumah mertuanya Deni Diminta Pelaku Turun dari motor tersebut.

“’Disuruhnya aku turun dulu disimpang pamina bang, katanya kalau dia bawa kawan dia bakal tidak dikasi Keluar lagi sama Istrinya, terus Kukasi motor itu dengan bilang Jangan Lama lama’’Ucap Deni.

Selang 1 jam menunggu Deni berjalan menuju rumah Mertua Pelaku dan bertanya keberadaan Pelaku namun tidak membuahkan hasil. Atas Kejadian Tersebut Korban esok Hari 22/08/2022 setelah 1×24 jam akan membuat pengaduan Ke polsek Perbaungan.

Sementara Kanit Reskrim Polsek  Perbaungan IPDA. Zulfan Ahmadi,SH mengatakan, Kalau si Korban yang membuat Pengaduan Kepolisi tidak bisa untuk di proses sebab Korban tidak mengetahui Kejadian sebenarnya melainkan yang harus membuat pengaduan itu harus teman Korban yang meminjam Sepeda motor miliknya.

“’Kalau Korban tidak bisa membuat pengaduan, kalau temannya yang membuat pengaduan baru bisa, karena temannya yang mengalami dan mengetahui langsung kejadian hilangnya sepeda motor miliknya’’ Ucap Kanit Polsek Perbaungan Ketika di Konfirmasi Melalui Seluler 16.30 wib sore tadi selasa 23/08/2022.

Sementara menurut Pasal 5 Peraturan Kepala Kepolisian Republik Indonesia No. 14 Tahun 2012 Tentang Manajemen Penyidikan Tindak Pidana (Perkap 14/2012), Pasal 5 Perkap 14/2012 menerangkan beberapa model laporan Polisi diantaranya.

Laporan Polisi Model A.dan Laporan Polisi Model (B) ada pun Pengertian dari Laporan Polisi Model A dan B sebagai berikut, Laporan Polisi Model A sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf a adalah Laporan Polisi yang dibuat oleh anggota Polri yang mengalami, mengetahui atau menemukan langsung peristiwa yang terjadi.

Dan Laporan Polisi Model B sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf b adalah Laporan Polisi yang dibuat oleh anggota Polri atas laporan/pengaduan yang diterima dari masyarakat.”

Berdasarkan uraian di atas, maka dapat dipahami bahwa prinsipnya semua orang berhak mengadu atau melaporkan ke polisi asalkan yang bersangkutan mengalami, melihat, mengetahui,menyaksikan atau yang menjadi korban dalam suatu tindak pidana.

Dasar Hukum dari itu ialah, Undang-Undang No.8 Tahun 1981 tentang Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP) dan, Peraturan Kepala Keplisian Republik Indoensia No.14 Tahun 2012 Tentang manajemen penyidikan tidak pidana. (redha)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *