BANDAR LAMPUNGBerita TerkiniPendidikan dan Kesehatan

Pro Saburai, Menghadapi Tantangan di Era Pandemi

Oleh ; Harviend Gilang, S.IP, M.Sc

Berita24.co.id  ; Bandar  Lampung — Menjadi mahasiswa berarti Kembali menjadi seorang siswa yang “MAHA” bukan sekedar imbuhan, namun sebuah imbuhan penuh makna bagi siapa saja yang mengembannya.

Langkah akademis yang akan menempa seseorang menjadi insan intelektual yang bertanggung jawab baik secara akademis, pola pikir, dan karakter. Tahun 2020 menjadi sangat berbeda dan special, karena para Mahasiswa baru yang ada di tahun ini akan mengalami perubahan dinamika dari proses adaptasi yang tidak biasa.

Proses perkuliahan yang sebagian besar Universitas di Indonesia dilangsungkan secara Online (Daring). Adaptasi dalam dunia pendidikan menjadi problematika yang cukup menyita perhatian publik disegala tingkatan Pendidikan baik TK, SD,SMP,SMA, Perguruan Tinggi dan seluruh insan akademik.

Tamparan keras dunia Pendidikan yang sangat mencolok pada kenyataan tidak semua akses Pendidikan dapat dirasakan hingga plosok negeri, terlebih perlunya akses pendukung seperti teknologi yang belum sepenuhnya dimiliki.

Disis lain tantangan instansi Pendidikan yang dituntut menjadi pelopor perubahan untuk berperan aktif membantu pemerintah dalam perluasan capaian akses Pendidikan di masa saat ini.

Melalui Program Pemerintah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mencanangkan program “Kampus Merdeka” di masa Pandemic ini untuk membantu insan akademik pada tingkat Perguruan Tinggi.

Selaras dengan program pemerintah tersebut sekaligus menjawab tantangan dalam dunia Pendidikan di era Pandemic dan kedepannya. Salah satu Perguruan Tinggi Swasta tertua di Provinsi Lampung, Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai (SABURAI) turut menjawab tantangan tersebut.

Belum lama ini Program Orientasi Mahasiswa Baru Univesitas SABURAI (Pro SABURAI) yang terselenggara pada tanggal 29 dan 30 September 2020 lalu.

Dalam penyambutan Mahasiswa Baru di lingkungan Universitas SABURAI yang diselenggarakan melalui Online (Daring) mengangkat sebuah tema yang menarik “ Mewujudkan Generasi Smart, Berkarakter, Berjiwa Entrepreneur yang Berwawasan Internasional”. Tema yang sangat relevan untuk menjadi bekal insan muda yang menempuh Pendidikan sebagai fasilitas pengembangan diri.

Pewujudan sebuah generasi yang “smart” pintar,cerdas, dan bijak menjadi cikal bakal penempaan karakter manusia yang siap dalam berbagai tantangan bangsa kedepannya.

Memiliki jiwa Entrepreneur yang Berwawasan Internasional tidak lepas dari tuntutan perkembangan dunia yang selalu berjalan cepat pada poros industrialisasi dan teknologi 4.0 menuju 5.0 di masa depan.

Semangat Unversitas SABURAI yang tidak lepas dari semangat membangun daerah Provinsi Lampung dengan turut mendidik dan menghasilkan Sumber daya Manusia yang handal tidak hanya dalam lingkup daerah dan Nasional, bahkan Internasional.

Semangat tersebut yang menjadi tolak ukur Universitas SABURAI dari awal berdiri hingga saat ini, dan masa yang akan datang. Tercermin pada tema di dalam acara penyambutam Mahasiswa baru tersebut, bahwa sebuah Perguruan Tinggi di daerah harus berperan aktif dalam kemajuan Pendidikan yang menjangkau seluruh tingkatan masyarakat di daerah untuk berkancah di tingkat Nasional.

Dengan turut mendukung Program “Kampus Merdeka” dari pemerintah untuk menyambut tantangan persaingan dunia yang akan dating.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mendefinisakan pengertian dari Kampus Merdeka pada perguruan tinggi yang lebih otonom. Kampus Merdeka ini merupakan bagian dari rangkaian kebijakan Kemendikbud dengan tema payung besar kebijakan Merdeka Belajar (Kemdikbud, 2020).

Inisiasi Kampus Merdeka bertujuan untuk menciptakan kultur belajar yang inovatif, tidak mengekang, berkarakter,dan sesuai dengan kebutuhan masing — masing perguruan tinggi.

Kultur Pendidikan yang terus mengalami pembaruan disambut dengan baik oleh Univesitas SABURAI sebagai salah satu kampus swasta yang turut menerapkan “Merdeka Belajar” di Provinsi Lampung dengan menyumbangkan generasi-generasi intelektual yang berdaya saing dan berkarakter.

Proses pengadaptasian tekonologi dan pembaharuan kurikulum berbasis “Kampus Merdeka” sesuai dengan semangat pemerintah dalam menghadapi era Pandemi seperti saat ini.

Sumber:

Bernie, M. (2020). Mahasiswa Tanggapi Kebijakan Kampus Merdeka Ala Nadiem Makarim, https://tirto.id/mahasiswa-tanggapi-kebijakan-kampus-merdeka-ala-nadiem-makarim-evRo diakses Pada 29 September 2020
Kemdikbud. (2020). Merdeka belajar: Kampus Merdeka. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–19. https://doi.org/https://doi.org/10.31219/osf.io/sv8wq diakses pada 29 september 2020 (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *