DKI JAKARTAPolitik

Meski Terakhir Partai Buruh Daftarkan 580 Bacaleg ke Kantor KPU RI 

Berita24.co.id : Jakarta —- Partai Buruh telah resmi mendaftarkan 580 bakal calon legislatif (bacaleg) DPR RI yang akan mengikuti Pemilu 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Minggu (14/5/2023) malam. Partai Buruh menjadi parpol terakhir yang menyerahkan daftar bacalegnya.

Sekretaris Jenderal Partai Buruh Ferri Nuzarli menyebutkan, proses penyerahan dokumen ke KPU RI tersebut rampung sekitar pukul 22.33 WIB pada Minggu (14/5/2023). Adapun, 14 Mei 2023 merupakan batas terakhir parpol dapat menyerahkan daftar bacalegnya ke KPU RI.

Partai Buruh menyerahkan sebanyak 580 nama yang akan bersaing di 84 daerah pemilihan (dapil) untuk memperebutkan kursi di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Ferri menyebutkan, Presiden Partai Buruh, yaitu Said Iqbal juga tidak mencalonkan diri sebagai anggota dewan.

Dia juga menuturkan, bacaleg dari Partai Buruh tidak ada yang berasal dari kalangan pengusaha, artis, atau tokoh publik terkemuka lainnya
“Kami ini partai kelas pekerja, caleg-caleg kami berasal dari kalangan seperti pengemudi ojek online, buruh tani, pedagang, dan lainnya,” jelas Ferri dalam konferensi pers di Kantor KPU RI, Minggu (14/5/2023).

Partai Buruh menargetkan dapat meraih sebanyak 23 hingga 30 kursi di DPR RI dengan target suara di rentang 6 juta hingga 7 juta suara dari seluruh wilayah Indonesia. Dia mengatakan, pihaknya akan mengandalkan wilayah-wilayah dengan basis buruh yang besar, seperti di Jawa Barat yang diklaim memiliki jumlah suara untuk Partai Buruh sekitar 3 juta.Selain itu, Partai Buruh juga akan berupaya meraih suara di basis-basis buruh lainnya, seperti DKI Jakarta, Banten, dan Batam.

Partai Buruh, kata Ferri, juga telah memenuhi persyaratan keterwakilan perempuan. Dari nama-nama bacaleg yang telah diajukan, sebanyak 30 persen diantaranya adalah perempuan.

Adapun, penyerahan daftar bacaleg anggota DPR, DPRD dan DPD dibuka pada periode 1-14 Mei 2023. (Nanang/Supriadi/San)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *