Mantapp!!,  Kebandkhan Makhga Waylima Berikan Gelar Adok Dalom Kepada Cabup M Nasir

Berita24.co.id : Pesawaran – Kebandakhan makhga Waylima yang mencakup 14 punyimbang adat yang ada di Kecamatan Waylima, Kedondong dan Kecamatan Waykhliau sepakat memberikan gelar adok kepada calon Bupati nomot urut 01 M Nasir, dengan adok Dalom Cahaya Makhga.

Prosesi pembacaan SK pemberian Gelar Dalom Cahya Marga kepada M. Nasir, disaksikan langsung oleh Ketua Kebuaian Adat Sebatin, Way Lima dan Kedondong, Bapak Agus Bastian, gelar Suntan Bandhakh Makhga.

Menurut, Agus Bastian gelar Sutan Bandakh Makhga mengatakan, pemberian gelar Dalom Cahya Makhga kepada M. Nasir,  murni merupakan acara adat semata tidak ada kaitannya dengan Pilkada Pesawaran.

“Pengenian adok  jama M. Nasir, ulih  kehangguman, panghenguk sikam jama Ia (Pemberian gelar adat ini, sebagai bentuk kekagumana dan rasa sayang kami sama M. Nasir) ,” Ucap Agus Basiàn, Sabtu ( 17/10).

Lebih lanjut dikatakannya, pemberian adat kepada salah satu calon bupati ini, sudah melalui tahapan panjang dari hasil musyawarah bersama para tokoh adat, sampai diputuskannya untuk mengakui saudara M. Nasir sebagai keluarga adat Bandakh Mahkga.

Foto Fahmi : Calon Bupati Pesawaran M. Nasir saat menerima gelar Adok Dalom oleh Ketua Kebuaian Adat Sebatin, Way Lima dan Kedondong.

“Jadi perlu di perjelas dan diketahui, agar tidak disalah artikan. Saya katakàn disini, pemberian gelar adat ini, tidàk ada urusannya dengan pilkada, itu harus di garis bawahi,” Jelasnya.

“Untuk pilihan, semua kita serahkan sepenuhnya kepada pribàdi  masing- masing warga adat. Biarlah mereka sendiri yang menentukan untuk memilih calon terbaik, yang akan memimpin Pesawaran nanti,” Ulasnya.

Sementara Calon Bupati Pesawaran nomor urut 1, mengungkapkan rasa hormat dan terima kasihnya kepada Kebandkhan Makhga, yang telah mempercayai dirinya untuk menyandang gelar Dalom Cahya Makhga dan menjadikannya sebagai keluarga sendiri di Kebuaian Sebatin tersebut.

“Dengan rasa bangga dan hormàt kami sekeluarga besar. Saya ucapkan banyak terimakasih  atas kepercayaan para tokoh adat disini, yang telah memberikan gelar adat “Dalom Cahya Makhga” kepada saya. Semoga gelàr ini dapat memberikan cahaya harapan bagi masyarakat disini,” Katanya. (Fahmi)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *