Berita TerkiniLAMPUNG TIMUR

Kodim 0429/Lamtim Bina Generasi Muda Melalui Pramuka

Berita24.co.id : Lampung Timur —-Komando Distrik Militer (Kodim) 0429/Lamtim, melalui Koramil 429- 15/Pasir Sakti, melaksanakan pelatihan Saka Wira Kartika (SWK) Koramil PS, dalam rangka pelantikan penegak Bantara, guna membina generasi muda lewat kegiatan Pramuka.Minggu (04/04/2021).

Penegak Bantara adalah tingkatan yang dicapai dengan pemenuhan syarat-syarat Kecakapan Umum pertama dalam satuan Pramuka Penegak sebelum Penegak Laksana.

Dandim 0429/Lamtim Letkol Kav. Muhammad Darwis mengatakan, “Kegiatan yang dilaksanakan merupakan perintah langsung dari Bapak Pangdam II/Swj agar masing-masing Kodim memiliki Saka Wira Kartika, meskipun sebelum ada perintah ini Kodim kami sudah aktif dalam bidang ke Sakawira Kartikaan,” ucap Dandim.

Dikatakannya, Saka Wira Kartika merupakan salah satu Satuan Karya Pramuka yang bersifat Nasional, juga sebagai wadah kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang matra darat.

“Pembinaan Pramuka SWK merupakan Program Kerja TNI-AD Bidang Teritorial yang bertujuan membina generasi muda agar mempunyai kegiatan positif sehingga dapat terhindar dari kegiatan negatif serta dapat membentuk patriot bangsa yang setia, berbakti dan menjujung tinggi nilai luhur keutuhan bangsa serta menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa,” Tandasnya.

Sementara, dalam sambutannya, Peltu Widodo menyampaikan,”kami berharap dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan suatu kegiatan positif yang dapat bermanfaat untuk para pemuda generasi penerus bangsa.” terangnya.

“Setelah dilantiknya penegak Bantara, kami berharap akan menjadi pelopor bagi kemajuan masyarakat, pelopor bagi perubahan yang bermanfaat serta mampu menjaga marwah kehormatan serta wibawa penegak bantara,” tutup Peltu Widodo.

Kegiatan yang berlangsung di Makoramil Pasir Sakti ini turut dihadiri oleh, Ka Kwaran Pasir Sakti Suparjiyana. Spd, MM, Pamong Saka Peltu Widodo, Babinsa Serma Usman, segenap pengurus SWK Pasir Sakti dan peserta sebanyak 20 Orang. (CAN).

Tinggalkan Balasan