Ketua Komisi I DPRD Tuba Herwan Saleh, Ingatkan Warga Segera Lapor Bila Ada Temuan Money Politik di Pilkakam

Berita24.co.id ; Tulangbawang — Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tulangbawang Herwan Saleh, legislator dari partai Golkar menghimbau masyarakat apabila ada temuan terjadinya money politik, pembagian sembako yang terjadi dalam Pemilihan Kepala Kampung (Pilkakam) di Kampung Agung Jaya, Kecamatan Banjar Margo agar dapat melaporkan kepada Aparat Penegak Hukum (APH).

Dijelaskan Herwan Saleh, money politik atau pembagian sembako terhadap masyarakat dalam pemilihan Kepala Kampung Agung Jaya merupakan kemunduran bagi proses demokratisasi lokal dan pengkhianatan terhadap amanat reformasi karena menghilangkan hak dasar rakyat berpartisipasi dalam pemerintahan.

“Perubahan sikap sebagian besar Pilkakam langsung oleh rakyat, menjadi nilai demokrasi. Oleh karena itu, menjanjikan atau memberikan imbalan hal tersebut merupakan mengkhianati kehendak rakyat,” terang Herwan Saleh kepada Pdnewss.com, Rabu (16/3/2022).

Herwan Saleh, berharap Pilkakam yang sedang berlangsung di Kampung Agung Jaya tak menghilangkan marwah pemilihan, walaupun adanya calon yang memberikan barang maupun janji politik.

Lanjut Herwan Saleh sikap fraksi Golkar di DPRD terkait Peraturan Bupati (Perbup) masih bisa berubah sesuai kajian bidang hukum, Tapem dan instansi terkait, diharapkan bisa menggelar pelaksanaan Pilkakam yang aman, tampa ada kecurangan.

“Sehingga, hasil dari pilihan Pilkakam. Bisa menghasilkan pemimpin kampung yang amanah, dan bisa mengemban kepercayaan masyarakat dalam pembangunan dan mensejehterakan masyarakat,” harap Herwan Saleh. (rlz)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *