Berita TerkiniPESAWARAN

Enam Siswa Akhirnya Terima Ijazah Setelah Bertahun – Tahun di Tahan Pihak Sekolah SMAN I Waylima Pesawaran

Berita24.co.id : Pesawaran – Soal ijazah yang dipendam bertahun-tahun, SMAN I Waylima Pesawaran-Lampung secara terpaksa harus mengeluarkannya. setelah sebelumnya mendapat teguran keras dari Disdikbud Propinsi Lampung, lantaran menyekap ijazah siswa, karena dalih tunggakan sekolah.

Dan ke enam siswa yang sempat melaporkan persoalan ijazah tersebut ke Ombudsman RI Perwakilan Lampung, akhirnya bernafas lega. Ke enam siswa telah menerima ijazahnya seperti yang diinginkan. Dan saat ini ijazah tersebut telah dibagikan  kepada ke enam siswa melalui orang tua walimurid.

Meski sebelumnya sempat berpolemik lantaran pihak SMAN I Waylima masih kekeh tidak mau memberikan ijazah siswa sebelum yang bersangkutan menyelesaikan tunggakan pembayaran sekolahnya.

Khoirullah, salah seorang walimurid dari Burhanuddin, merasa sangat bersyukur dan berterimakasih karena ijazah anaknya telah dapat ia terima.

” Berulangkali saya pinta disekolah, ijazah anak saya gak pernah dikasih, alasannya harus menyelesaikan dahulu tunggakan yang ada, dan saya minta Surat Keterangan Lulus (SKL) juga gak dikasih,”

” Dan ini setelah dilaporkan dan heboh, baru diberikan oleh pihak sekolah, untuk itu saya sangat berterimakasih kepada semua pihak yang sudah membantu soal ijazah anak saya ini, ” Cetus Khoirullah, mewakili kelima Walimurid lainnya, Rabu (30/11/22).

Terkait polemik ijazah ini, salah satu tokoh pendiri Kabupaten Pesawaran, Mualim Taher angkat bicara. Dirinya menyayangkan juga menyesalkan atas kebijakan pihak SMAN I Waylima tersebut.

Menurutnya, sejatinya dengan dalih apapun  ijazah merupakan hak dari siswa sebagai tanda siswa tersebut telah tamat belajar dan dinyatakan lulus menyelesaikan Ujian akhir sekolah (UAS).

” Yang namanya ijazah itu merupakan hak siswa, klo pun menyangkut iuran Komite tidak semestinya dikaitkan dengan ijazah, “Tukasnya.

Selanjutnya, ia juga meminta kepada pihak SMAN I Waylima  tidak hanya sebatas membagikan ijazah kepada enam siswa saja, namun untuk semua ijazah siswa yang telah lululs UAS juga semestinya segera diberikan kepada siswa ataupun Walimurid.

” Kiranya mash ada yang belum menerima ijazah, pihak sekolah (SMAN I Waylima) tidak lagi menyoalkan tunggakan sekolah, secepatnya diberikan kepada mereka (siswa-Red), karena ijazah diperlukan baik untuk kerja ataupun untuk melanjutkan kejenjang perguruan tinggi, ” Pungkasnya.

Sementara, Kepala Sekolah SMAN I Waylima,Yohanes , ketika disoal lebih lanjut terkait ijazah yang diduga masih belum dibagikan oleh pihak SMAN I Waylima terhadap siswa yang telah lulus UAS. Belum dapat memberikan kejelasan, dihubungi melalui pesan WhatsApp, sang Kepsek belum merespon dan belum memberikan jawaban pasti. (fahmi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *