LAMPUNG UTARA

DLH Lampura Bagikan Paket Tali Asih Bagi Pahlawan Kebersihan Jelang Idul Fitri 1445 H

BERITA24.CO.ID

LAMPUNG UTARA – Jelang perayaan hari raya Idul Fitri 1445 Hijiriah, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lampung Utara (Lampura) bagikan tali asih bagi ratusan personil kebersihan yang dipusatkan di aula kantor setempat, Jumat, (05/04).

Penyerahan secara simbolis diserahkan langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Lampura, Aswarodi didampingi Asisten II Setdakab, Alamsyah, Kepala DLH Lampura, Ina Sulistya dan jajaran.

Pj Bupati Lampura, Aswarodi mengatakan pemberian bingkisan tali asih merupakan bentuk kepedulian dan perhatian pada pasukan hijau pahlawan kebersihan yang sudah banyak berjasa pada Lampura untuk sigap menjaga kebersihan di Bumi Ragem Tunas Lampung selama ini. Meski tak banyak yang diberikan, pihaknya berharap dapat sedikit meringankan beban jelang lebaran beberapa hari kedepan.

“Bentuk perhatian kepada sesama, meski tak banyak yang mampu diberikan kepada saudara-saudara sekalian, sekiranya inilah bentuk perhatian dan kepedulian Pemkab Lampura dengan pahlawan kebersihan,” kata Aswarodi.

Menurutnya, personil kebersihan memiliki peran yang sangat vital pada sisi kebersihan Lampung Utara. Pasukan hijau tak pernah disorot akan hasil kinerjanya yang setiap hari terus dan selalu menyapu bersih sampah yang ada. Mulai dari TPS resmi, seputaran jalan protokol, fasilitas umum seperti pasar dan lainnya.

“Harus kita apresiasi semua jasa-jasa pahlawan kebersihan ini, kita berharap kedepan dapat lebih meningkatkan kesejahteraan bagi mereka semua. Mungkin insentif (honor) mereka juga harus dipikirkan, dan sarana prasarana juga perlu diperhatikan,” jelasnya, seusai kegiatan.

Untuk hak-hak personil kebersihan, sambung dia, telah disalurkan agar tidak menggangu persiapan lebaran beberapa hari kedepan.

“Alhamdulillah sudah kita salurkan semua hak-haknya, selain tali asih hari ini, sebelumnya semua honorarium petugas kebersihan, personil TPA, personil taman sudah dibayarkan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala DLH Lampura, Ina Sulistya mengatakan pihaknya menyalurkan ratusan paket tali asih yang berhasil dihimpun dari mitra-mitra kerja yang tersebar di Lampura kepada 388 personil petugas kebersihan dan tim lainnya.

“Jajaran DLH berkirim surat kepada mitra-mitra kerja yang ingin menyalurkan sedekahnya, dan Alhamdulillah disambut antusias oleh mitra kerja, berhasil kita himpun dan dibagikan untuk 388 orang personil dari tim kebersihan, taman, dan petugas yang ada di TPA Alam Kari. Dan ini merupakan agenda rutin tahunan kami disini,” terang Kadis.

Pembagian paket sembako, kata dia, dilakukan secara serentak dengan cara bergilir. Tim yang sudah selesai bertugas langsung diarahkan untuk merapat ke kantor sebelum pulang kekediaman masing-masing.

“Kita laksanakan serentak hari ini dan diperkirakan hari ini juga selesai. Bergilir, teman-teman yang sudah selesai bertugas dilapangan langsung diarahkan ke kantor untuk mengambil paket sembakonya,” imbuhnya.

Selain itu, persiapan menjelang hari pertama dan kedua lebaran Idul Fitri 1445 Hijiriah juga sudah disiapkan hari ini, mengingat hari ini merupakan hari terakhir bekerja sebelum cuti lebaran. Persiapan operasional lapangan seperti surat perintah tugas (SPT), bahan bakar minyak (BBM) dan jadwal tim bertugas sudah dipersiapkan matang-matang untuk menghadapi lonjakan sampah dihari puncak lebaran tahun ini.

“BBM dan surat tugas sudah kita siapkan, siap untuk lembur mengosongkan semua sampah di TPS-TPS karena pengalaman yang sudah-sudah lonjakan sampah di hari lebaran terus meningkat. Jadi kita kosongkan, kita angkut semua sampah, untuk mengantisipasi di H+1 dan H+2 lebaran. TPA juga sudah dicek, dan dipastikan sudah siap menampung lonjakan sampah,” kata dia.

Tak lupa dirinya juga memberikan motivasi dan semangat bagi para pahlawan kebersihan yang bertugas dilapangan, atas jasa-jasa mereka kondisi kebersihan lingkungan di Lampung Utara semakin baik dan bersih.

“Tetap semangat kawan-kawan, mudah-mudahan kedepan akan ada peningkatan kesejahteraan, doakan keadaan Lampung Utara semakin baik, kita akan lihat kemampuan anggaran kita kedepan, jika anggaran (dinas) (mampu) banyak, akan kita tingkatkan lagi honorarium petugas yang selama ini hanya Rp1 jutaan rupiah,” tandasnya.

(Rizky)

Tinggalkan Balasan