Berita TerkiniTULANG BAWANG

Di HUT Tuba ke 23 Tahun, Bupati Tuba Hj. Winarti SE MH, Dikukuhkan Sebagai Bunda Literasi Periode 2020-2023

Berita24.id  : Tulangbawang — Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Tulangbawang yang ke-23 Tahun, Pemerintah Kabupaten Tulangbawang berkerjasama dengan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, menggelar talkshow peningkatan budaya gemar membaca dalam membangun SDM berkualitas dan unggul menuju Indonesia maju.

Acara yang berlangsung di Gedung Serba Guna (GSG) Menggala, Rabu (4/3/2020), selain talkshow, digelar pula pengukuhan terhadap Bupati Tulangbawang Hj. Winarti SE MH, sebagai Bunda literasi Kabupaten Tulangbawang periode 2020-2023, dan read me a book bagi anak usia 3-13 Tahun, serta lomba bercerita siswa SD atau MI se-Kabupaten Tulangbawang Tahun 2020.

Kegiatan ini dihadiri langsung Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Muhammad Syarif Bando bersama Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi Lampung Ferinia.

Hadir pula, Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten Tulangbawang Syarif Ali serta para unsur Forkopinda lainnya dilingkup Kabupaten Tulangbawang.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tulangbawang, Syarif Ali saat memberikan laporannya, mengatakan bahwa dalam rangka memperingati HUT Tulangbawang yang ke-23, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia menggelar langsung berbagai kegiatan yang ada di Pusat yang dialokasikan langsung di Kabupaten Tulangbawang, salah satunya talkshow dan pengukuhan Bupati Tulangbawang Hj.Winarti sebagai Bunda literasi.

“Rasa terimakasih kami ucapkan atas kedatangan Kepala Perpustakaan Nasional RI Bapak M Syarif Bando, yang mana telah mengalokasikan programnya di Tulangbawang salah satunya kegiatan pada hari ini, semogga kedepannya program Perpustakaan Nasional RI dapat kembali digelar di kabupaten Tulangbawang,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Muhammad Syarif Bando, mengatakan sangat bangga bisa diterima di Tulangbawang dengan baik, untuk bersama-sama meyakinkan dan memantapkan apa yang menjadi prioritas Pemerintah Pusat saat ini, yaitu dalam pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan unggul kedepannya.

“Karena Indonesia tidak kekurangan orang-orang pintar, baik dalam hal teknologi, otomotif dan banyak lainnya, tetapi bagaimana kita bisa menciptakan suatu hal baru dengan SDM yang ada dengan sebaik mungkin, ini paradigma yang harus dirubah dalam kehidupan bersama,” ucapnya.

Lanjutnya lebih dalam, Perpustakaan dibelahan dunia maju adalah jantung dari dunia pendidikan, yang mengajarkan tentang banyaknya ilmu pendidikan di dunia yang salah satunya terangkum dalam sebuah buku.

“Ini tugas kita bersama dalam memajukan dunia pendidikan di Indonesia khususnya di Kabupaten yang berjuluk Sai Bumi Nengah Nyappur ini, saya juga ucapkan terimakasih kepada Bupati Tulangbawang yang ikut serta berpartisipasi untuk menjadi Bunda literasi, karena kedepan akan menjadi tugas Ibu Bupati dalam mengembangkan minat baca dalam dunia pendidikan di Tulangbawang sebaik mungkin,” tandasnya.

Sementara, Bupati Tulangbawang Hj. Winarti SE MH, yang juga selaku Bunda literasi saat sambutannya mengatakan, sangat yakin ditangan bapak/ibu guru sekalian, serta dengan semangat para guru yang luar biasa dalam membangun dunia pendidikan di Tulangbawang program minat baca dapat berjalan dengan baik sebagaimana diharapkan bersama.

Ia juga menjelaskan, membangun fisik adalah tugas Kepala Daerah, salah satunya dalam mempersiapkan pelayanan publik yang ada, namun, disini juga bagaimana menciptakan kondisi bergotong royong dengan Pemerintah Pusat dan Provinsi, maka dari itu dalam memajukan itu semua dengan seluruh elemen yang ada sudah tergabung dalam 25 program yang saat ini sudah berjalan di Tulangbawang.

“Hari ini saya mengapresiasi yang setinggi-tingginya atas hadirnya Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Bapak Muhammad Syarif Bando di Tulangbawang, yang layak menjadi Kabupaten yang cerdas dan unggul,” tutur Winarti.

“kita juga akan mengemplemantasikan belajar dalam aplikasi online yang mana sudah disebutkan Pak M. Syarif Bando salah satunya dalam hal belajar gemar membaca cerita, Pendidikan perkembangan di Indonesia, maka mari kita bersama bergotong royong dalam membangun dunia Pendidikan di Kabupaten Tulangbawang,” ajaknya. (ADV)