JAMBI

Danrem 042/Garuda Putih Vicon Rapim Kodam II/Swj Tahun 2020 Bersama Pangdam II/Sriwijaya

Berita24.id  : Jambi —- Komandan Korem 042/Gapu Kolonel Arh Elphis Rudy, M,Sc.S.S bersama para Dandim dan Dan/Kasatbalak jajaran Korem menggelar video conference (vicon) dalam rangka Rapat Pimpinan Kodam II/Sriwijaya TA. 2020 di Makorem 042/Gapu Jambi, Senin (16/3/2020).

Kegiatan yang dipimpin oleh Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum., tersebut berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Rapim Kodam II/Swj TA. 2020 kali ini diselenggarakan melalui jarak jauh atau Video Conference (Vidcon) dan diikuti oleh Kasdam II/Swj Brigjen TNI Syafrial, psc., M. Tr (Han)., Irdam II/Swj, para Danrem, para Asisten Kasdam II/Swj, Dan/Ka Balakdam II/Swj, para Dandim, para Danyon, dan para Komandan Detasemen satuan jajaran Kodam II/Swj termasuk Danlanal dan Danlanud Palembang.

Rapim Kodam mengangkat tema “MEMBANGUN KODAM II/SWJ YANG ADAPTIF”.

Pangdam menguraikan bahwa melalui Tema ini Kiranya mampu menjadi pendorong para peserta Rapim untuk semakin memantapkan keberhasilan Tugas Satuan dalam pelaksanaan Program Kerja dan Anggaran TA. 2020,  khususnya  dalam Aplikasi Pencapaian Tugas  Pokok di Wilayah masing-masing yang akan selalu bersentuhan dengan Rakyat dan Pemerintah Daerah setempat.

Sebelumnya Pangdam mengajak peserta Rapim melalui Vicon untuk menyaksikan Video dengan Tema “Sudahkah Kita Bersyukur Hari Ini” kita semua diharapkan dapat memulai hari ini dengan penuh rasa Syukur dan memiliki semangat untuk memberikan yang terbaik yang dapat kita lakukan.

“Selain itu, Pangdam juga menyampaikan bahwa bahwa Rapim Kodam II/Sriwijaya TA. 2020 merupakan tindak lanjut dari Rapim TNI dan Rapim TNI AD yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu untuk menjabarkan Pokok – Pokok Kebijakan Panglima TNI dan KASAD pada TA. 2020, yang nantinya akan diturunkan menjadi Pokok – Pokok Kebijakan Pangdam II/Sriwijaya pada TA. 2020, sebagai pedoman dalam rangka Pelaksanaan dan Pencapaian Tugas Selama Satu Tahun ke depan,ungkapnya.

Adapun tujuan dari pelaksanaan Rapim Kodam adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan Program Kerja dan Anggaran Selama TA. 2019 dan menyampaikan Garis Besar Program Kerja dan Anggaran   TA. 2020.

Sedangkan Sasaran yang hendak dicapai adalah Terwujudnya kesamaan Persepsi dalam melaksanakan Program Kerja dan Anggaran TA. 2020, secara benar, tertib Administrasi dan Akuntabel, tercapainya Pembinaan Kekuatan Kemampuan dan Gelar Kekuatan Kodam II/Sriwijaya TA. 2020 secara Optimal dalam Rangka Keberhasilan Pelaksanaan Tugas, serta Terwujudnya Pemahaman tentang Visi, Misi, Kesiapan dan Kesiapsiagaan Satuan Kodam II/Sriwijaya untuk Melaksanakan Tugas Pada TA. 2020, tegas Pangdam.

Lebih lanjut Pangdam menyampaikan Evaluasi pada Pelaksanaan Program Kerja dan Anggaran TA. 2019 yang perlu diperbaiki oleh kita semua sehingga tidak terulang di Tahun 2020.

Selain menyampaikan Evaluasi, Pangdam juga menyampaikan beberapa Arahan dan Petunjuk Pimpinan yang Perlu diketahui dan mendapat Perhatian Para Peserta Rapim.

Dalam menghadapi Pesta Demokrasi, Pemilihan Kepala Daerah Secara Serentak di 270 Wilayah Terdiri dari 9 Provinsi, 224 Kabupaten dan 37 Kota, Pilkada Serentak 2020 adalah Pesta Demokrasi dengan Kompleksitas Tinggi. Maka kita berkewajiban turut menjaga Stabilitas Keamanan Nasional dalam Bentuk Perbantuan Kepada Polri agar Pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 akan berlangsung dengan Damai, Aman, dan Lancar

“Keberadaan Institusi TNI adalah bagian Integral Bangsa, dan TNI sebagai Alat Negara, Komponen Utama Pertahanan Negara, serta Garda Terdepan Bangsa. Maka dalam melaksanakan Tugas, Peran dan Fungsinya, TNI akan memberikan Kontribusi Terbaik dalam Mensukseskan Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020 serta menjamin Stabilitas Keamanan Nasional”, tegas Pangdam.

Pangdam juga menyampaikan beberapa Penekanan Panglima TNI pada Rapim TNI Tahun 2020 dan juga menyampaikan Penekanan Kepala Staf Angkatan Darat yang dapat dijadikan Pedoman dalam mengemban Tugas ke Depan. (ndra)