Cegah Penyebaran Covid 19, Tim Gugus Mesuji Sidak di Pasar Wiralaga Mulya

Berita24.co.id: Mesuji – Perketat Protokol Kesehatan, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 melalui Satpol PP Kabupaten Mesuji dan TNI – Polri serta perangkat Desa Sidomulyo dan Wirarala Mulya, lembali melakukan sidak ke pasar traditional Wiralaga Mulya, Kecamatan Mesuji, Kabupaten Mesuji, Jumat (23/10/2020).

Pasar tradisional sebagai klaster baru penyebaran covid-19 dianggap perlu terus melakukan sosialisasi penerapan protokol kesehatan baik bagi pengunjung pasar maupun penjualnya. Apalagi pasar merupakan tempat transaksi para pedagang yang berasal dari luar wilayah kemudian memiliki peluang besar menyebarkan virus korona apabila ada di antara mereka yang tidak menerapkan protokol kesehatan terutama penggunaan masker, ” Jelas Kasi penyidik Pol Pp Arpan mewakili Kasad Pp Pp kepada media ini di selah – selah sidaknya.

Kegiatan ini dilakukan sesuai instruksi dan perintah melalui peraturan Bupati Mesuji yang juga selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Mesuji,Hal ini guna meminimalisir penularan covid-19 di tengah interaksi penjual dan pembeli,” Ujarnya lagi.

Dalam sidak ini. tim Gugas Covid-19 Kabupaten Mesuji melihat langsung kondisi di dalam pasar. Jika menemukan pedagang/pembeli yang tidak menggunakan masker dengan benar, tidak layak atau bahkan tak menggunakan masker sama sekali maka tim melakukan pendekatan persuasif seperti yang kita lihat tadi, kami akan memberikan sangsi sosial seperti menyanyikan lagu Indonesia Raya atau membaca tesk Pancasila, dan baru nantinya kita berikan masker untuk di pakainya.

“Dengan dilaksanakannya sidak ini, maka akan dilakukan koordinasi dan evaluasi lebih lanjut, mengenai penerapan protokol kesehatan yang ada di pasar-pasar ini sudah lengkap atau belum, baik itu penyediaan tempat cuci tangan, penggunaan masker oleh penjual dan pembeli, jarak antar pedagang dan juga kesiapan pedagang untuk membawa hand sanitizer pada kantong masing-masing,” Imbuhnya.

Ia mengatakan tiga syarat utama yang harus dipenuhi adalah pemakaian masker, jaga jarak dan cuci tangan. Semua pengunjung pasar, menurutnya, wajib menggunakan masker yang bersih, dan hasilnya untuk hari di pasar tradisional Wiralaga Mulya cukup baik, kita hanya menemukan 10 pelanggar saja, dan itupun para penggunjung pasar, sedangkan pedangannya kita lihat sudah lebih disiplin dibandingkan kemarin sampai mencampai 30 lebih pelanggar baik itu penggunjung maupun penjualnya.

Tepisah Camat Mesuji Iwan Rifai Harahap mengatakan, Kedepannya protokol kesehatan akan menjadi kebutuhan pokok. Yang paling penting penerapan protokol kesehatan dipasar harus diketatkan.

“Kami dari Pemeritahan tidak perna bosan untuk terus mengingatkan mereka secara persuasif, karena sekarang ini urusan protokol kesehatan bukan lagi urusan tim gugus melainkan menjadi urusan kita sendiri”.

Situasti seperti ini kita tidak tahu kapan akan berakhir, tidak bisa terus-terusan diawasi oleh petugas. Mari kita awasi diri kita sendiri, mulai dari kita sendiri mengawasi dan mengantisipasinya,” Harap Camat Mesuji itu. (hdz)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *