Berita TerkiniPESAWARAN

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona Hadir Seminar Parenting

Berita24.co.id: Pesawaran – Bupati Pesawaran H. Dendi Ramadhona K,ST.M.Tr.I.P hadir pada Acara Seminar Parenting “Tips Dan Trik Mendidik Anak Tetap Tangguh Pasca Pandemi Covid-19” yang berlangsung di Aula Pemkab Pesawaran (Kamis, 13 Oktober 2022) .

Di sela sambutannya Bupati mengatakan Pembentukan kepribadian anak dipengaruhi berbagai unsur dalam lingkungan, baik lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat.

Namun demikian, lingkungan keluarga menjadi faktor yang paling berpengaruh dalam pembentukan karakter anak, karena seluruh anggota keluarga saling bersinergi dan saling mempengaruhi.

Menurutnya, keluarga menjadi lingkungan primer dimana anak untuk pertama kalinya memperoleh penemuan awal serta belajar, diberikan kasih sayang, dan titik awal yang paling vital dan menentukan.

“Disinilah peran orang tua sebagai pemberi suri teladan yang baik, pembangun pondasi agama yang kuat, dan pembentuk kepribadian mulia menjadi sangat penting dalam fase kehidupan anak.

Menjadi orang tua sesungguhnya merupakan proses yang dinamis, dengan situasi yang senantiasa berubah-ubah. Anak yang tumbuh pada setiap jenjang usianya, menuntut orang tua untuk senantiasa beradaptasi dengan sikap yang sesuai dengan tahap perkembangan psikologis anak.”, kata Bupati Dendi.

Lanjutnya, orang tua perlu memahami bahwa anak adalah individu yang berbeda dari mereka. Anak-anak memiliki keinginannya sendiri, yang perlu diakomodir dan diarahkan oleh orang tua.

Maka dalam rangka mengarahkan anak agar memiliki kepribadian yang baik, orang tua wajib memberikan keteladanan positif dalam kehidupan sehari-hari. Keteladanan dalam pendidikan kata dia, merupakan metode yang berpengaruh dan terbukti berhasil dalam membentuk dan mempersiapkan aspek moral, spiritual, dan etos sosial anak.

Ia juga menyampaikan bahwa Melalui keteladanan pula, orang tua dapat mengajarkan nilai-nilai kehidupan yang mulia tanpa harus memaksa anak untuk meniru.

” Tentu Saudara pernah mendengar ungkapan “jika kita bergaul dengan tukang parfum, maka kita akan ikut berbau harum”. Ungkapan ini juga relevan jika dihubungkan dengan peran kita sebagai orang tua. Maka upayakan anak kita meneladani kebiasaan-kebiasaan positif kita sebagai orang tua. Bagaimana caranya? Tentu dengan mendidik diri kita terlebih dahulu agar memiliki kepribadian mulia, sebagai dasar mendidik anak-anak kita, ” Ucapnya.

Dikahir sambutan nya Dendi berpesan, jadilah orang tua yang bertanggungjawab, yang mampu membekali amanah dari Allah SWT dengan akhlakul karimah dan kepribadian yang unggul berkarakter.(fahmi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *