Berita TerkiniPESAWARAN

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona : Forum Konsultasi Publik Tentukan Arah Rancangan RKPD Tahun 2024

Berita24.co.id: Pesawaran- Pemerintah Daerah Kabupaten Pesawaran menggelar Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024, Rabu (25/1/23).

Forum Konsultasi Guna membahas arah kerja Pemda Pesawaran pada tahun 2024 dengan menselaraskan RPJMD Kabupaten Pesawaran tahun 2021-2026. Kegiatan difasilitasi Badan perencanaan pembangunan daerah (Bappeda) Kabupaten setempat.

Forum Konsultasi Publik RKPD tahun 2024 digelar secara virtual dan dipimpin langsung oleh Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, di ruang One Centre Pemkab Pesawaran.

Turut dalam kegiatan, asisten Ekobang, asisten Administrasi Umum, Kepala Inspektur, Kepala Bappeda, Kepala Bapenda, Kepala BPKAD, Kepala  OPD dan para camat se Kabupaten Pesawaran.

Dendi mengatakan, sesuai dengan Tema/Fokus dan Kata Kunci berdasarkan RPJMD Kabupaten Pesawaran Tahun 2021-2026, tema RKPD Tahun 2024 adalah “Penguatan infrastruktur pelayanan dasar yang menunjang pertumbuhan ekonomi serta mengoptimalkan pembangunan sumber daya manusia yang produktif dan mandiri”.

Terkait hal itu, prioritas pembangunan Tahun 2024  yang disampaikan oleh Bupati adalah;
1. Pemerataan Infrastruktur Wilayah secara Berkelanjutan dan Berkualitas;
2. Peningkatan Iklim Investasi dan Berusaha yang Kondusif;
3. Peningkatan Kualitas SDM yang Sehat Jasmani dan Rohani, Cerdas, Unggul dan Berdaya Saing;
4. Peningkatan Tata Kelola Pemerintahan yang Efektif dan Layanan Publik yang Berkinerja Tinggi;
5. Mewujudkan Desa Mandiri Sebagai Titik Berat Pembangunan Berbasis Kemasyarakatan dan Potensi Lokal.

“Kegiatan konsultasi publik ini diharapkan dapat menjadi media pembentukan komitmen seluruh steakholder pembangunan dalam keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan, serta merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam tahapan penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (R-APBD), yakni sebagai pedoman dalam penyusunan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS),” Tegas Dendi.

Dikesempatan tersebut, Dendi juga menyampaikan capaian penurunan angka kemiskinan dikabupaten Pesawaran berhasil turun 1,26 persen di tahun 2022 (penurunan terbesar ke-2 se-Provinsi Lampung) dari 15,11 menjadi 13,85 persen. Selain itu, terjadi peningkatan nilai IPM dari 66,14 menjadi 66,70.

“Capaian ini tentu menjadi semangat dan motivasi untuk bekerja lebih optimal dan saya meminta kepada seluruh jajaran Perangkat Daerah bahwa semua program dan aksi yang kita lakukan, semua harus mengerucut pada fokus penurunan angka kemiskinan,” Pintanya.

“ Dan saya juga berharap Konsultasi Publik ini dapat mewujudkan program kegiatan yang berguna untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pesawaran”, Tandasnya. (fahmi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *