Hepatitis A: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati

Hepatitis A: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati

Wednesday, June 26, 2019, 7:57 PM


Hepatitis A adalah penyakit yang menyerang organ hati. Alhasil, hati tak dapat berfungsi secara optimal.

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan, Hepatitis A merupakan penyakit yang berkaitan dengan gaya hidup tak bersih. Biasanya, penyakit ini merupakan penyakit endemis di beberapa negara berkembang. Penyakit ini juga biasa muncul sebagai kejadian luar biasa (KLB) atau yang mewabah di suatu daerah.

Hepatitis sendiri ada berbagai jenisnya, mulai dari A, B, C, D, dan E. Untuk hepatitis B, C, dan D ditularkan secara parental atau suntikan dan dapat menjadi kronis hingga menyebabkan kanker hati. Sementara jenis Hepatitis E sama dengan jenis Hepatitis A

Berikut penyebab, gejala, serta cara mengobati Hepatitis A:

1. Penyebab

Hepatitis adalah istilah yang dipakai untuk semua jenis peradangan pada sel-sel hati. Biasanya Hepatitis A disebabkan oleh infeksi (virus, bakteri, parasit) yang menular secara facel oral atau masuk ke dalam saluran pencernaan melalui makanan dan minuman yang tercemar tinja penderita.

Biasanya, sumber penularannya terjadi karena pencemaran air minum, makanan yang tidak dimasak, makanan yang tercemar, sanitasi yang buruk, dan kebersihan yang rendah.

2. Gejala

Gejalanya bersifat akut, tidak khas. Hanya saja, Hepatitis A menyebabkan seseorang merasa demam, sakit kepala, mual, dan muntah sampai ikterus atau terjadi perubahan warna kulit dan mata menjadi kuning, bahkan sampai menyebabkan pembengkakan hati.

Namun, untuk memastikan lebih lanjut seseorang harus melakukan pemeriksaan ke dokter. Diagnosisnya biasa ditemukan immunoglobulin M antibodi dalam serum penderita.

3. Cara Mengobati

Tidak ada pengobatan khusus untuk penderita, hanya saja ada pengobatan pendukung yang diberikan. Penderita juga diimbau untuk menjaga keseimbangan nutrisi dalam tubuh.

Makanan untuk penderita Hepatitis A harus diperhatikan lebih bersih dengan melakukan perilaku gaya hidup sehat. Dengan begitu, penyakit akan sembuh dengan sendirinya.

Pasalnya, penyakit ini masih tergolong hepatitis yang ringan, dan bisa sembuh sempurna tanpa gejala sisa dan tidak menyebabkan infeksi kronik.

Sementara itu, yang perlu diingat bahaya Hepatitis A kalau dibiarkan bisa membuat kerusakan hati akut, bahkan menyebabkan kematian.

Kuliah Beasiswa...?? Klik Disini

TerPopuler